Kamis, 21 November 2013

Kursus Excel Jogja | Mengenal Formula pada Excel – Part 05: Operator Hitung Dasar

Kegunaan utama dari formula pada aplikasi Excel tentunya untuk membantu proses penghitungan agar lebih cepat dan mudah. Urusan menghitung ini jelas tidak lepas dari peran Operator Hitung Dasar Matematika yang tentunya telah Anda kenal dengan baik, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Sebelum masuk ke penggunaan formula yang sesungguhnya, penggunaan operator hitung dasar ini harus dikuasai dengan baik.

Cara Penulisan

Pada dasarnya cara penulisan operator hitung dasar dalam aplikasi Excel sama dengan operator hitung dasar matematika, hanya saja mungkin ada sedikit perbedaan untuk beberapa operator seperti misalnya perkalian dan pembagian. Agar lebih jelas, tabel berikut ini menjelaskan daftar operator hitung dasar dalam aplikasi Excel.

Cara Penggunaan

Cara menggunakan operator hitung dasar ini pada prinsipnya sama dengan perhitungan matematika, hanya saja sesuai dengan aturan penulisan formula yang telah dibahas sebelumnya, usahakan agar data yang akan dihitung selalu merujuk pada alamat sel. Sebagai contoh, pada tabel berikut ini akan dihitung nilai Total untuk data Januari hingga Maret pada tiap-tiap tahun.

Maka secara matematika, untuk tahun 2010 Anda akan menambahkan nilai 53 + 26 + 32. Dan pada Excel, Anda tinggal mengganti nilai-nilai tersebut dengan alamat sel-nya, yaitu C3, D3, dan E3. Langkah pengerjaan lengkapnya adalah sebagai berikut:
  • Klik sel F3, lalu ketikan tanda =
  • Klik sel C3, lalu ketikan tanda +
  • Klik sel D3, lalu ketikan tanda +
  • Klik sel E3, tekan tombol Enter
  • Hasilnya akan langsung terlihat pada sel F3.
Dengan cara yang sama, cobalah untuk menghitung data untuk tahun 2011 dan 2012.
Sampai tahapan ini, diharapkan Anda sudah bisa memahami bagaimana cara kerja dasar dari penggunaan formula pada aplikasi Excel. Dalam penggunaan lanjutan, Anda juga dapat menggunakan bantuan tanda kurung untuk mempermudah Anda dalam menghitung seperti halnya proses penghitungan pada operasi matematika biasa.

Segera Hub :Jogja Multimedia
Jl. Magelang KM 7,5 Yogyakarta
HP : 0877.3887.5400
WA : 0877.3887.5400

Pin BB : 5229B9B9
website : www.jogjacourse.com
website : www.jogjacourse.net
website : www.jogjalearn.com
website : www.jogjalearn.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar