Rabu, 24 Juli 2013

Kursus 3D Studio Max Jogja | Membuat Arsitektur Bangunan Bertingkat

Tutorial kali ini kita akan belajar bersama membuat bangunan bertingkat menggunakan 3D Studio Max, Bagi anda yang ingin mengikuti Kursus Komputer 3D Studio Max secara lebih mendalam Di Kota Jogjakarta dapat menghubungi kami, langsung saja kita mulai :

1. Buka 3D Studi Max anda, bisa dipraktekan di semua versi, disini saya menggunakan 3D Studio Max 2014.

2. Lalu anda atur satuan unitnya terlebih dahulu, untuk mengatur satuan unit di 3D Studio Max ke dalam satuan meter, Klik menu Customize –> Unit Setup. Atur satuannya menjadi Meter.

3. Grid yang ada juga harus anda atur untuk mempermudah pengukuran jarak. Klik Menu Tools –> Grid and Snaps –> Grid and Snap Settings...

anda atur menjadi seperti gambar dibawah ini.



setelah tampilan di Viewport Perspective di Zoom, terlihat grid terkecil adalah 1 meter, sehingga kita mempunyai grid berukuran 20 meter X 20 meter.



4. Mari kita buat dinding bangunannya terlebih dahulu dengan Wall, sebelum menggambar agar gambar tepat di grid aktifkan tool Snap Toggle


5. Untuk membuat dinding, klik panel Create   –> Geometry   –> rubah Standard Primitives menjadi –> AEC Extended : Kilk tombol Wall. Anda atur nilai tebal dinding Width = 0,2 m dan tingginya dinding Height = 3 m. Di Viewport Top, klik tepat di grid untuk membuat dinding dari titik awal sampai akhir, tekan yes untuk weld point, biar dinding menyatu, lalu klik kanan sekali untuk mengakhirinya, seperti tampak gambar dibawah ini.


6. Sekarang anda dapat membuat dinding lantai 2 dengan bantuan Grid Object, agar viewport terlihat secara rangka/Wireframe tekan tombol F3 di keyboard, untuk kembali ke tampilan semula/normal tekan lagi tombol F3.

7. Agar lebih presisi dan terukur, buat objek grid untuk bidang bantu di viewport, klik panel Create  –> Helpers    –> Grid



8. Drag seperti pada gambar dibawah ini, sehingga tampil kotak grid 12m X 12m



9. Objek Grid berukuran 12 X 12 m sudah selesai, namun posisinya masih berada di lantai/tanah, untuk mengangkatnya sebanyak 3 m dari lantai secara presisi, aktifkan objek grid tersebut, klik kanan tool Select and Move    , maka akan tampil kotak dialog Move Transform Type-in, atur Z (Absolute World) = 3 m, lalu enter. Kini grid sudah berada 3 meter dari atas tanah.





10. Agar setiap objek yang kita buat selalu berada 3 meter dari tanah seperti posisi grid tersebut, klik objek grid tersebut, klik menu Tool –> Grid and Snaps –> Activate Grid Object.



11. Seperti cara sebelumnya, kini anda dapat dengan mudah membuat dinding lantai 2 sampai selesai seperti gambar dibawah ini bukan?



untuk pembuatan atap, pintu, jendela, tangga, pemberian material map, dan pencahayaan, dengan hasil akhir tampak seperti gambar dibawah ini, anda dapat mengikuti kursus 3D Studio Max di tempat kami.


Segera Hub :Jogja Multimedia
Jl. Magelang KM 7,5 Yogyakarta
HP : 0877.3887.5400
WA : 0877.3887.5400

Pin BB : 5229B9B9
website : www.jogjacourse.com
website : www.jogjacourse.net
website : www.jogjalearn.com
website : www.jogjalearn.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar